Gerakan Workout Mengecilkan Perut Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

  

Workout mengecilkan perut merupakan kegiatan olahraga yang dikhususkan untuk mengecilkan lingkar perut. Namun karena alasan kesibukan, banyak sekali orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke tempat gym. Untuk itulah mulai bermunculan gerakan workout untuk mengecilkan perut yang dapat dilakukan di dalam rumah tanpa perlu alat yang hanya tersedia di gym. Berikut adalah beberapa gerakan workout yang dapat dilakukan dirumah, guna untuk mengecilkan lingkar perut:

1. The Criss Cross

The criss cross merupakan gerakan untuk melatih otot perut bagian bawah. Gerakan ini juga dapat melatih otot bahu dan otot paha. Untuk melakukan gerakan the criss cross cukup mudah yaitu dimulai dengan membaringkan badan dengan posisi terlentang di lantai. Kemudian, kedua tangan disilangkan ke belakang kepala.

Mulai gerakan dengan cara mengangkat kaki kanan secara menekuk dan tarik mendekati perut, kemudian disertai dengan siku tangan kiri yang didekatkan dengan lutut kaki kanan. Kemudian gerakan dilakukan secara cross, yaitu menarik kaki kiri ke arah perut dengan disertai tangan kanan yang didekatkan ke lutut kaki kiri.

2. Ankle Reaches

Ankle reaches berfungsi untuk melatih otot perut bagian atas. Penggunaan berat badan dari bagian atas tubuh juga akan membuat otot perut bagian atas lebih terlatih. Untuk melakukan gerakan ankle reaches dimulai dengan posisi berbaring terlentang. Sesuai dengan namanya, inti dari gerakan ini adalah menyentuh pergelangan kaki.

Kedua kaki diposisikan untuk saling rapat, lalu bentuk sudut  90 derajat dengan mengangkat kedua kaki ke atas dari lantai. Kedua tangan juga dirapatkan seperti membentuk salam “namaste”. Mulai lakukan gerakan dengan cara menyentuhkan tangan dengan pergelangan kaki. Lakukan dengan 5 repetisi untuk hari pertama.

3. The Roll-Up

The Roll-Up merupakan gerakan yang digunakan untuk melatih otot perut bagian tengah. Pada gerakan ini, otot perut akan terlatih akibat bantuan dari berat badan bagian pinggul ke atas. Inti dari gerakan ini adalah mengangkat beban tubuh keatas. Gerakan dapat dimulai dengan cara tidur terlentang di lantai.

Posisikan kedua kaki untuk saling merapat dengan kondisi lurus. Luruskan kedua tangan keatas kepala namun sejajar dengan lantai. Kemudian angkat tubuh ke atas hingga 90 derajat, mirip seperti saat posisi bangun tidur. Namun tangan harus tetap pada posisi lurus dan tidak boleh membantu tubuh untuk mengangkat bebannya.

4. The Reverse Crunch

The Reverse Crunch merupakan gerakan yang berfungsi untuk melatih otot perut bagian atas.  Dalam gerakan ini, berat dari bagian tubuh pinggul ke bawah akan menjadi beban untuk melatih otot perut. Gerakan ini dilakukan dengan posisi terlentang di lantai yang dapat dimulai dengan cara menyilangkan pergelangan kaki. Sedangkan untuk posisi tangan lurus sejajar dengan lantai, tangan mengarah ke bagian bawah tubuh dengan telapak tangan yang menempel ke lantai.

Mulai gerakan dengan cara mengangkat tubuh bagian bawah. Pertama angkat kedua kaki yang bersilang dengan posisi tertekuk. Kemudian angkat kaki ke atas kepala hingga punggung terangkat dari lantai. Gunakan bantuan dari kedua tangan untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terjatuh.

5. The Double Leg Lift

Double leg lift digunakan untuk melatih otot perut bagian bawah. Gerakan dimulai dari posisi berbaring terlentang. Kemudian tangan disilangkan di belakang kepala dan menyatukannya. Kemudian dengan posisi kaki rapat dan lurus, angkat kaki keatas dengan posisi tetap lurus. Angkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat dari lantai. Ulangi hingga beberapa repetisi.

Sekian contoh gerakan workout mengecilkan perut yang dapat dilakukan di dalam rumah. Tentunya gerakan tersebut tidak memerlukan alat olahraga. Gerakan-gerakan tersebut cukup efektif untuk menurunkan lingkar perut. Hasil yang ditunjukkan akan lebih optimal apabila gerakan tersebut dilakukan rutin setiap hari dengan repetisi yang cukup.