Olahraga Untuk Penyakit Jantung Yang Direkomendasikan

  

Olahraga adalah kegiatan positif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat yang diperoleh dari berolahraga bukan hanya berlaku untuk saat ini saja, namun memberikan efek yang berkelanjutan. Olahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menghindarkan diri dari segala penyakit, salah satunya olahraga untuk penyakit jantung.

Menjalankan gaya hidup sehat serta rutin berolahraga akan menjaga tubuh terutama kesahatan jantung. Menurut penelitian yang dilakukan bahwa orang dewasa cenderung lebih pasif dalam bergerak. Akibat resiko penyakit jantung yang mengintai, mereka memilih beralih dari aktivitas pasifnya menjadi aktif berolahraga agar mengurangi resiko penyakit jantung.

Banyak jenis olahraga yang kita ketahui, namun tidak semuanya efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Ada jenis-jenis olahraga tertentu yang secara khusus dapat membuat jantung berpacu maksimal. Hal ini membuat jantung lebih sehat dan dapat menghindarkan dari resiko penyakit jantung. Simak 5 olahraga untuk penyakit jantung yang mampu membuat jantung lebih sehat berikut ini :

1. Latihan Sirkuit

Berdiam diri dirumah tanpa melakukan kegiatan membuat tubuh menjadi malas bergerak apalagi untuk melakukan olahraga. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya melakukan latihan sirkuit. Latihan ini memiliki jangka waktu yang relatif singkat namun dilakukan dengan kecepatan maksimum di tiap gerakannya pada interval tertentu.

Jenis olahraga ini menggabungkan kekuatan, fleksibilitas dan kecepatan dalam penerapannya. Latihan sirkuit dapat berupa latihan push up, sit up, plank, jumping jack, skipping dan lain-lain. Olahraga ini mampu meninkatkan kinerja jantung dan menurunkan tekanan darah sehingga sangat cocok digunakan sebagai olahraga untuk penyakit jantung.

2. Renang

Renang merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak peminat. Olahraga ini ternyata bagus dijadikan sebagai olah raga untuk penyakit jantung karena hampir sama seperti latihan aerobic yang memperkuat kerja jantung. Melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit dengan gaya bebas ataupun gaya lain dapat mengurangi resiko penyakit jantung pada seseorang.

3. Angkat Beban

Olahraga mengangkat beban ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan jantung. Angkat beban selain bermanfaat untuk membakar lemak tubuh juga dapat menambah massa otot. Olahraga ini dilakukan dengan mengatur tempo tiap gerakan yang dilakukan agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang justru bisa membuat tubuh menjadi drop.

Melakukan olahraga angkat beban dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung, diabetes stroke dan hiperkolesterolemia. Rentan waktu untuk melakukannya olahraga ini cukup dengan 30 hingga 40 menit dalam satu minggu untuk memperoleh manfaat jangka panjang bagi kesehatan tubuh.

4. Lari

Lari adalah olahraga sejuta umat karena mudah dilakukan serta tidak perlu mengeluarkan biaya. Setiap orang memiliki kesanggupan serta intensitas yang berbeda dalam melakukan olahraga ini. Cepat, sedang, atau pun tinggi semuanya memiliki manfaat tersendiri khususnya bagi kesehatan jantung seseorang.

Rutin dalam melakukan olahraga ini, akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh manusia secara signifikan. Manfaat yang diperoleh seperti meningkatnya kolesterol baik dalam tubuh, meminimalisir produksi hormon stres adrenalin dan kartisol. Selain itu manfaat lainnya adalah mengurangi resiko trombisis, memperlancar sirkulasi darah ke jantung.

5. Yoga

Yoga adalah olahraga yang memusatkan pikiran untuk lebih rileks dan menjadi reomendasi olahraga untuk penyakit jantung. Meski tidak memiliki tidak memiliki intensitas kecepatan dalam pelaksanaannya, yoga tetap menjadi olahraga olahjantung. Olahraga ini cocok untuk orang yang tidak dapat melakukan gerakan aktif atau intens.

Yoga lebih menakankan pada pengaturan pernafasan, meditasi dan focus seseorang. Membiasakan diri untuk berlatih yoga akan membuat pikiran, emosi maupun tubuh lebih menjadi lebih bugar serta fisik dan mental dapat selaras. Olahraga ini mampu meningkatkan kapasitas paru-paru, detak jantung, sirkulasi darah serta kardiovaskuler.

Meningkatkan kapasitas kerja jantung dalam memompa darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh sangat penting dilakukan. Olahraga untuk penyakit jantung diharapkan bukan hanya dilakukan oleh mereka yang sedang atau pernah mengalami penyakit jantung. Semua orang harus sadar akan kesehatan tubuh yang sangat penting, karena sehat itu mahal harganya.