Prosedur Pelunasan Kredit Bank Sebelum Jatuh Tempo

  
prosedur pelunasan kredit bank

Ketika akan membuka kartu kredit pasti memiliki alasan yang sangat bermacam-macam dari kegiatan konsumtif hingga produktif. Karena semakin hari dirasa bahwa membayar kredit ini cukup memberatkan dengan adanya bunga tersebut. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan membahas mengenai prosedur pelunasan kredit bank sebelum jatuh tempo yang dapat mengurangi beban si peminjam. Berikut ulasannya:

1. Silahkan Datang Langsung Ke Bank Yang Bersangkutan

Untuk cara yang paling efektif dan juga cepat untuk diproses memang harus datang langsung ke bank yang bersangkutan. Tidak sampai satu hari untuk mengurusnya, tetapi memang memerlukan sedikit kesabaran dan juga waktu luang untuk mengurusnya langsung.

Jadi ketika akan melakukan pelunasan kredit bank usahakan untuk datang di hari-hari yang tidak terlalu ramai. Mencegah padat antrian yang menjadikan menunggu lebih lama dari biasanya. Tentu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan akan sangat jenuh ketika hal tersebut harus terjadi.

2. Atau Ketika Tidak Memiliki Waktu Luang Bisa Menghubungi Melalui Telp atau Email

Cara kedua untuk melakukan pelunasan kredit bank, yaitu menghubungi melalui telepon pada nomor call centre atau email. Perlu rajin-rajin untuk menghubungi customer service karena bisa saja email yang dikirimkan tertimbun. Yang paling fatal ketika email yang dikirimkan tidak diterima oleh bank yang bersangkutan.

Tentu saja hal-hal seperti diatas bisa saja terjadi jadi sebelum mengirim email harus membaca lebih teliti. Dengan format pengajuan email yang singkat, jelas dan padat untuk memudahkan dalam mengakses data ataupun keluhan yang ingin disampaikan.

3. Mengisi Formulir Permohonan Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo

Selanjutnya ialah diminta untuk mengisi formulir permohonan pelunasan sebelum jatuh tempo. Isi dengan tulisan yang jelas dan sesuai yang tertera pada KTP ataupun identitas asli. Serta siapkan berbagai dokumen yang diperlukan seperti akta perjanjian kredit yang menjadi data penting dalam hal ini.

Dengan mempersiapkan dokumen sesuai dengan yang tertera pada pengisian formulir akan memudahkan dalam proses pelunasan. Tidak hanya itu juga akan mempercepat urusan karena tidak harus kerja dua kali hanya karena dokumen-dokumen tersebut tertinggal dan harus mengantri lagi dari awal.

4. Setelah Formulir Permohonan Diterima Akan Dikirimkan Rincian Pelunasan

Kemudian formulir permohonan tersebut akan diterima oleh pihak bank yang bersangkutan akan dikirimkan rincian pelunasan. Rincian pelunasan diantaranya ada jumlah saldo yang masih harus dibayarkan, bunga dari bulan yang sedang berjalan saat itu.

Perhatikan juga tanggal pembayarannya agar tidak terkena denda akibat pembayarannya lebih dari jatuh tempo pada bulan tersebut. Biaya administrasi yang ditangguhkan sesuai dengan yang tertera pada KPR serta biaya administrasi untuk pelunasan. Kira-kira biaya admin sebesar Rp 15.000 tergantung pada ketentuan aturan bank yang bersangkutan.

5. Jika Sudah Lunas Dapat Mengambil Dokumen-Dokumen

Ketika semua tahapan telah berjalan sesuai prosedur pelunasan kredit bank sebelum jatuh tempo. Maka dapat mengambil dokumen-dokumen yang sebelumnya tertahan pada pihak bank. Dengan setidaknya lima hari kerja untuk seluruh prosesnya dapat selesai setelah pelunasan.

Saat akan mengambil dokumen ada beberapa syarat dokumen untuk dibawa dan ditunjukkan. Diantaranya sudah mendapat jadwal pengambilan dokumen yang telah ditentukan, buku tabungan asli dan rekening koran. Materi 6000, fotocopy dan KTP asli, serta Bukti tanda terima jaminan.

Begitulah prosedur pelunasan kredit bank sebelum jatuh tempo supaya tidak memberatkan untuk menambah pengeluaran setiap bulannya. Dengan begitu setelah lunas juga akan menjadi tenang karena tidak harus memikirkan biaya untuk melunasi hutang atau kredit yang sedang dicicil.