Trik Food Fotografi untuk Pemula agar Hasilkan Foto Menakjubkan Untuk Konten Blog

  

Memotret makanan kini menjadi hobi yang menyenangkan. Bahkan bisa menjadi lapangan pekerjaan yang menghasilkan. Saat ini, sudah banyak yang terjun ke dunia food fotografi sebagai konten blog. Untuk pemula yang ingin masuk ke bidang itu, perlu tahu trik-trik food fotografi untuk pemula agar hasil foto terlihat keren.

Di dalam industri kuliner, tentu sangat membutuhkan jasa foto makanan untuk mempromosikan makanannya. Food fotografi juga memerlukan konsep yang matang, agar hasil bisa terlihat maksimal. Nah, inilah beberapa trik food fotografi bagi pemula untuk bisa menghasilkan foto yang menakjubkan.

1. Tata Makanan

Sebelum mulai memotret makanan, perlu mengatur tata letak makanan. Mulai dari makanan yang berkuah, makanan kering, dan lainnya. Serta menentukan letak makanan yang akan terlihat indah jika di foto. Penataan makanan bisa dilakukan dengan memperhatikan komposisi yang terdapat dalam makanan tersebut. Seperti warna makanan, serta bentuk dan warna wadah yang digunakan.

2. Buat Konsep yang Menarik

Trik food fotografi untuk pemula yang kedua adalah dengan membuat konsep yang unik dan menarik. Dengan memadukan makanan utama yang akan difoto dengan barang-barang pendukung lainnya, yang dapat memperindah hasil foto tersebut. Namun, makanan utama yang akan menjadi objek foto tetap harus dijadikan fokus utama dibanding barang pendukung. Sehingga, cukup gunakan barang pendukung sederhana yang tidak terlalu berlebihan.

3. Pilih Background yang Sesuai

Penggunaan background yang sesuai dengan tema makanan sangat berpengaruh pada hasil foto. Maka diperlukannya melakukan mix and match antara background dengan objek makanan yang akan difoto. Sehingga antara background dan objek makanan tidak akan bertabrakan. Serta, hasil foto akan lebih terlihat indah.

4. Atur Pencahayaan

Setelah mengatur konsep pada makanan, selanjutnya adalah mengatur pencahayaan. Cahaya yang paling baik bisa didapat dari cahaya yang langsung terpancar dari jendela secara natural dan alami. Namun, jika keadaan tidak memungkinkan, gunakan alat bantu cahaya seperti ring light dan semacamnya. Tidak dianjurkan mengambil foto makanan menggunakan flash karena akan mempengaruhi warna pada hasil foto. Serta akan sulit saat tahap mengedit dibanding tidak menggunakan flash.

5. Ambil Foto dari Beberapa Angle

Jika ingin memotret makanan maka perlu memahami sisi-sisi terbaik ketika memotret makanan. Jenis makanan yang berbeda, akan memiliki angle bagus yang berbeda pula. Ada yang terlihat bagus jika diambil dari sisi atas, namun ada yang tak bagus jika diambil dari sisi atas. Maka dari itu, cari angle terbaik dari makanan yang akan difoto.

6. Tampilkan Bahan Dasar Makanan

Untuk lebih memperindah objek foto, ada baiknya menambah bahan dasar makanan. Misalkan, hari ini ingin memotret Banana Cake, maka bisa tampilkan beberapa potongan buah pisang. Hal itu bisa membuat hasil foto terlihat lebih menarik.

7. Foto Makanan saat Masih Panas

Jika memungkinkan, memotret makanan selagi masih panas bisa menghasilkan foto yang menakjubkan. Terlebih jika ingin menampilkan uap panas yang dihasilkan dari makanan tersebut. Dikarenakan panas makanan tak bertahan terlalu lama, maka perlu pintar mengatur waktu dan strategi.

8. Terus Berlatih

Trik food fotografi untuk pemula yang terakhir adalah harus rajin berlatih memotret objek-objek makanan. Skill akan terus berkembang jika rutin melakukan hal tersebut secara terus menerus. Secanggih apapun alat-alat fotografi yang dimiliki, hal yang paling utama adalah skill. Maka dari itu, rajinlah berlatih untuk mengasah skill memotret yang dimiliki.

Nah, itulah trik food fotografi untuk pemula agar menghasilkan foto yang menakjubkan. Jangan takut untuk memulai, sebab segala sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil. Jika hasil foto pertama belum memuaskan, tak usah sedih. Terus berlatih, sebab hasil yang bagus tidak dilakukan secara instan. Selamat mencoba.