Kuliner Khas Pekalongan Legendaris Yang Selalu Diburu

  

Sebagai salah satu kota di Jawa Tengah dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Hal pertama yang menjadi faktornya adalah batik. Tapi ternyata Pekalongan juga memiliki kuliner khas Pekalongan yang sangat terkenal dan digilai di kalangan para traveler yang pernah berkunjung. Penasaran apa saja kulinernya? Berikut rekomendasinya.

1. Lontong Lemprak

Bila sudah berkunjung ke Pekalongan rasanya tidak akan lengkap bila belum mencoba lontong yang satu ini. Disajikan dengan menggunakan ayam kampung yang digoreng serta disajikan dengan lontong dan kuah opor yang sangat kental membuat makanan ini sangat susah untuk dilupakan. Cara makannya pun biasanya lesehan atau duduk di lantai tidak menggunakan kursi.

2. Tauto

Namanya ini merupakan singkatan dari tauco soto, karena memang mirip soto tapi menggunakan campuran tauco di dalam kuahnya. Makanan ini disajikan dengan mie bihun, daging, remukan emping, telur rebus yang disiram kuah panas dengan tetesan jeruk nipis. Setelahnya barulah ditambahkan tauco.

3. Sego Megono

Sego megono atau nasi megono merupakan makanan khas Pekalongan yang terdiri dari nasi serta campuran sayur nangka muda yang diiris tipis-tipis. Selain dengan sayur nangka makanan ini juga disajikan dengan lauk yang beragam. Beberapa lauknya diantara lain cumi hitam, ayam goreng, dan beberapa lauk lainnya yang menggugah selera.

4. Nasi Kebuli Pekalongan

Makanan ini banyak disajikan di kedai-kedai di sekitar Kota Pekalongan. Dengan lauk yang beragam dan porsinya yang banyak menjadikan nasi ini menjadi pilihan utama makanan para traveler. Belum lagi campuran nasi dan lauknya yang kaya akan rempah dijamin dapat membuat traveler susah lupa dan selalu ingin coba lagi.

5. Sate Hayam Wuruk

Dinamakan sate hayam wuruk karena kuliner khas Pekalongan ini biasanya dijual di kedai-kedai disekitar jalan Hayam Wuruk. Jenis sate yang dijual sangat beragam dan rasa satenya memiliki ciri khas masing-masing. Karenanya sate ini selalu jadi pilihan para traveler untuk menghabiskan waktunya.

6. Pindang Tetel

Sesuai dengan namanya pindang yang satu ini berbahan dasar tetel yang dicampur dengan kuah kental berwarna hitam. Campuran kuah ini memiliki bahan dasar rempah kluwak yang dicampur dengan rempah-rempah lainnya sehingga rasanya sangat kuat. Karena campuran rempah-rempah inilah banyak yang ingin mencoba makanan ini lagi dan lagi.

7. Keripik Tahu

Olahan makanan ini sangat sederhana karena hanya berbahan dasar tahu lalu digoreng dengan tingkat kematangan yang pas sampai renyah. Tapi yang menjadikan rasanya berbeda adalah tahu yang menjadi bahan dasar ini sebelumnya sudah terlebih dahulu dibumbui sehingga rasanya tidak hambar.

8. Growol

Makanan yang satu ini tidak hanya enak dan mengenyangkan tapi juga harganya sangat murah. Sehingga banyak masyarakat Pekalongan yang menjadikannya sebagai makanan pokok. Meskipun begitu makanan ini juga bisa dimakan sendiri karena rasa singkongnya sangat legit dan enak.

9. Iwel-Iwel

Masih merupakan kuliner khas Pekalongan yang merupakan jajanan seperti kue tradisional. iwel-iwel ini sering juga disebut poci dengan bahan dasar beras ketan dan isian gula merahnya yang manis. Bahan-bahan ini nantinya akan dibungkus oleh daun pisang lalu dibentuk seperti menyerupai limas.

10. Apem Kesesi

Diberi nama Kesesi karena makanan ini berasal dari salah satu daerah di Pekalongan yang bernama Kesesi. Makanan ini memiliki bahan dasar tepung beras dan di dalamnya dicampur dengan gula aren. Karenanya makanan ini memiliki tekstur yang kenyal, dan legit serta memiliki rasa yang manis.

Sepuluh rekomendasi kuliner khas Pekalongan tadi diharapkan bisa menjadi referensi bagi para traveler saat sedang berwisata ke sana. Selain bisa dimakan di tempat beberapa rekomendasi makanan di atas juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.