Makanan Sehat Untuk Jantung Yang Wajib Dicoba

  

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan pertama di dunia yang dapat mengintai siapa saja. Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung salah satunya yaitu pola hidup yang tidak sehat. Oleh sebab itu, saat ini banyak orang berlomba untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung.

Pola hidup sehat merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya penyakit jantung. Olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat menjadi solusinya. Berikut beberapa pilihan makananan yang diketahui dapat menjaga kesehatan jantung:

1. Kacang-kacangan

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kacang-kacangan seperti serat, protein, vitamin, mineral dan antioksidan diketahui mampu menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di dalamnya dapat menurunkan kolesterol jahat. Kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung yaitu almond, kenari, hazelnut dan kacang tanah.

2. Buah Berries

Strawberry,blueberry, blackberry, cranberry termasuk ke dalam buah berries yang tinggi akan vitamin dan antioksidan. Banyak manfaat dari buah berries baik dalam bidang kecantikan maupun kesehatan salah satunya yaitu untuk melindungi kerja jantung. Kandungan antioksidan, vitamin dan fitonutrien diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Sayuran Hijau

Sudah tidak asing lagi jika mengkonsumsi sayuran hijau bermanfaat bagi kesehatan. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, lobak dan selada diketahui dapat menjaga jantung agar tetap sehat. Tingginya kandungan vitamin, mineral dan antioksidan dalam sayuran hijau tentunya menjadi makanan sehat untuk jantung.

4. Ikan

Tingginya kandungan gizi dalam ikan seperti protein dan asam lemak omega-3 dipercaya dapat menjaga jantung tetap sehat. Karena kandungan kolesterolnya yang lebih rendah dibandingkan daging merah, ikan diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung bila dikonsumsi secara rutin. Konsumsilah ikan berlemak rendah seperti salmon, tuna maupun sarden untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Alpukat

Buah yang satu ini tentunya mudah dijumpai dimana saja. Selain rasanya yang enak, alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang ternyata dapat dijadikan sebagai makanan sehat untuk jantung. Serat, vitamin, folat, sterol, potasium dan sejumlah zat antioksidan juga ditemukan dalam satu buah alpukat.

Dengan mengkonsumsi sterol yang secara alami terdapat dalam tumbuhan dapat menurunkan kadar kolesterol. Turunnya kadar kolesterol dalam tubuh tentunya dapat membuat jantung lebih sehat. Jantung yang sehat dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

6. Edamame

Edamame merupakan kacang kedelai yang masih ada dalam polongnya dan telah menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, ternyata edamame mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengkonsumsi 50 gram edamame per harinya dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Tentunya edamame yang akan dikonsumsi harus diolah terlebih dahulu agar mudah dicerna dan menghindari perut kembung. Edamame dapat dikombinasikan dengan hidangan lain atau hanya direbus untuk dijadikan camilan.

7. Tomat

Salah satu jenis sayuran yang kaya akan zat gizi yaitu tomat. Tomat mengandung vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai olahan pangan. Rasanya yang manis tentu digemari oleh semua orang.

Demikianlah informasi mengenai makanan sehat untuk jantung. Mulailah sayangi jantung dengan menerapkan pola hidup sehat. Untuk itu, mulai sekarang cegahlah penyakit jantung dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat.