5 Manfaat Dari Olahraga Kardio Secara Rutin

  
Manfaat dari olahraga kardio

Tentunya telah menjadi rahasia umum bahwa olahraga adalah kegiatan yang berdampak positif bagi tubuh. Dan salah satu olahraga yang memiliki dampak terbaik bagi tubuh adalah olahraga kardio. Olahraga jenis ini menitikberatkan pada peningkatan detak jantung. Dengan otot jantung yang dilatih dengan olahraga ini, maka akan membuat ketahanan otot jantung meningkat. Manfaat dari olahraga kardio terbilang sangat kompleks bagi tubuh.

Olahraga kardio memiliki sejuta manfaat bagi sistem imunitas tubuh, Terutama saat menghadapi pandemi. Hal tersebut sangat beralasan, karena olahraga kardio akan membuat 2 organ penting di tubuh untuk bekerja secara optimal, kedua organ tersebut adalah jantung dan paru-paru. Namun tentunya hasil optimal akan di peroleh jika kita melakukannya secara rutin. Berikut adalah 5 manfaat dari olahraga kardio bagi tubuh:

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Olahraga kardio dapat memompa darah yang kaya akan oksigen lebih cepat ke seluruh tubuh. Hal tersebut memungkinkan tubuh untuk melakukan pembuangan radikal bebas, proses tersebut sering disebut dengan istilah detoksifikasi tubuh.

Sistem imunitas tubuh juga akan meningkat akibat dari regenerasi sel yang dipercepat setelah olahraga kardio. Percepatan regenerasi sel tersebut disebabkan oleh jaringan yang mendapat pasokan protein yang dibawa oleh sel darah merah. Karena selama melakukan olahraga kardio, peredaran darah menjadi lebih lancar dan memungkinkan protein pembangun dapat terdistribusi dengan cepat.

2. Mengoptimalkan Kerja Organ Jantung Dan Paru-Paru

Saat melakukan aktivitas kardio, organ jantung akan berdetak lebih cepat serta paru-paru akan mensuplai oksigen lebih intensif. Hal tersebut dapat membuat jaringan otot jantung dan paru-paru terlatih akibat pengulangan gerakan secara simultan.

Jaringan jantung dan paru-paru yang secara rutin terlatih akan berdampak pada optimalnya sistem kerja dari kedua organ tersebut. Terutama untuk menghindari jaringan yang semakin lemah seiring umur yang bertambah.

3. Memperbaiki Kadar Gula Darah

Manfaat dari olahraga kardio yang satu ini tentunya sangat erat kaitannya dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang sangat gemar mengkonsumsi makanan dan minuman manis berbahan gula.

Olahraga kardio pada dasarnya akan membakar kalori secara optimal namun dengan intensitas kelelahan fisik yang minimum. Kalori yang akan dibakar ketika melakukan olahraga kardio paling utama bersumber dari gula darah. Gula darah akan dibakar menjadi energi secara berkala.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Untuk pecinta makanan berlemak, kolesterol adalah musuh utama yang cepat atau lambat pasti dihadapi. Kolesterol pada dasarnya adalah lemak jenuh yang melekat di organ tubuh.

Olahraga kardio yang dapat membakar kalori dari berbagai sumber dalam tubuh, akan membakar lemak jenuh tersebut sebagai salah satu sumber energi. Dengan diubahnya lemak ke dalam kalori, maka seluruh kolesterol dalam tubuh akan menghilang

5. Mengurangi Gejala Depresi

Gejala depresi merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan hormonal dalam tubuh. Menurut beberapa hasil studi kedokteran, tubuh memiliki 4 hormon yang menimbulkan rasa bahagia. Hormon tersebut antara lain Serotonin, Dopamin, Endorfin dan Oksitosin.

Hormon Endorfin dapat ditingkatkan produksinya oleh tubuh melalui kegiatan olahraga. Sehingga ketika berolahraga dengan intensitas rendah namun dengan durasi yang optimal. Jiwa akan merasakan kebahagiaan berkat hormon Endorfin ini. Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa hormon Endorfin memiliki kekuatan setara 200 kali lipat dari zat morfin.

 Sekian beragam manfaat dari olahraga kardio yang tentunya sangat baik bagi kesehatan. Lakukan olahraga dengan intensitas yang normal namun secara rutin, sehingga mendapatkan manfaatnya secara optimal. Serta jangan lupa untuk diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup.