Manfaat Plank untuk Wanita, No 2 Paling Idaman

  

Plank adalah salah satu bentuk latihan fisik yang tidak memerlukan banyak gerak. Cukup dengan karpet sebagai alas, plank sudah bisa dilakukan. Meskipun sederhana, nyatanya ada banyak manfaat plank untuk wanita.

Cara melakukannya adalah meletakkan siku di lantai sebagai tumpuan di bagian depan bersama dengan ujung jari kaki di bagian belakang. Kemudian angkat bokong hingga lurus dengan punggung dan kaki. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik.

Dengan hanya latihan posisi tersebut, sudah banyak manfaat yang bisa didapat. Beberapa manfaat tersebut bisa dilihat di bawah ini.

1. Melatih Otot Punggung

Otot punggung termasuk bagian utama yang dilatih dalam plank. Pada posisi standar maupun variasi, punggung selalu dituntut untuk stabil dan seimbang. Punggung harus bertahan menggantung lurus dibantu dengan otot perut. Dengan begitu, otot punggung pun akan terlatih.

2. Meratakan Perut

Manfaat plank untuk wanita yang sangat digemari adalah dampaknya yang  dapat meratakan perut. Ini disebabkan karena bagian perut juga ikut diregangkan selama melakukan plank.

Memang tidak ada yang instan untuk mendapatkan hasil maksimal. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk dapat melihat hasilnya. Lakukan dengan rutin setiap hari sekitar 10 hingga 20 detik.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Untuk membentuk posisi plank yang benar, seseorang harus memastikan tubuhnya lurus dan sejajar. Mulai dari bahu, punggung, bokong, paha, hingga betis. Posisi ini harus dipertahankan selama beberapa detik.

Ini sangat membantu bagi pemilik postur bungkuk. Latihan rutin akan membiasakan tubuh pada posisi yang benar.

4. Melenturkan Tubuh

Posisi plank tidak hanya berupa posisi standar yang menghadapkan tubuh ke lantai. Berbagai variasi bisa dilakukan. Seperti gerakan menyamping, plank reach, dan plank jacks.

Pada gerakan-gerakan tersebut, bagian tubuh lainnya juga akan terlatih. Misalnya lengan, pinggul, hingga pergelangan kaki. Dengan begitu, tubuh akan terbiasa melakukan gerakan-gerakan teratur dan dapat berdampak pula terhadap kelenturannya.

5. Meningkatkan Kinerja dan Kemampuan Gerak Otot

Dengan plank rutin, otot dibiasakan untuk menahan beban berat tubuh. Tidak sekadar menahan, stabilitas dan keseimbangan juga merupakan hal yang diperhatikan. Ini akan berguna ketika ada pekerjaan yang mengharuskan untuk mengangkat sesuatu yang berat.

Otot yang sudah terlatih akan lebih cekatan dan luwes dalam bergerak. Pekerjaan seperti memindahkan barang, menggendong anak-anak, atau sekadar menangkap barang yang terjatuh menjadi hal yang mudah dilakukan. Bagi wanita yang harus melakukan pekerjaan rumah setiap hari, plank menjadi latihan tepat untuk melatih ketahanan dan menambah kinerja otot.

6. Membantu Pembakaran Lemak

Selain lari, plank juga dapat membantu membakar lemak. Meskipun dilakukan pada posisi diam, bukan berarti plank dapat dilakukan dengan santai. Dalam plank, tubuh dituntut untuk menopang beratnya dalam posisi stabil.

Tubuh akan bekerja keras untuk mempertahankan posisi yang seimbang. Inilah yang kemudian membuat plank juga dapat berfungsi sebagai pembakar lemak.

7. Meredakan Stres

Bagi pemula, mempertahankan posisi plank dalam waktu lebih lama  adalah hal yang berat. Namun jika sudah terbiasa, ini justru bisa menjadi penyegaran bagi tubuh dan otak. Terutama untuk orang-orang yang terlalu lama duduk di depan komputer.

Semakin terbiasa, maka akan semakin menikmati dalam melakukannya. Pengaturan pernapasan juga merupakan hal penting dalam plank. Karenanya, plank bisa dijadikan terapi yang menenangkan.

Ambil waktu tidak lebih dari 30 menit di sela-sela kesibukan. Lakukan plank selama beberapa detik diselingi istirahat beberapa detik pula. Ulangi hingga dirasa cukup.

Demikian 7 manfaat plank untuk wanita. Dengan fokus dan rutin, satu latihan bisa mendatangkan banyak manfaat. Semangat berlatih!