Resep Nasi Gandul Semarang Paling Nikmat

  

Semarang memiliki aneka kuliner yang khas salah satunya ialah nasi gandul. Ya kuliner khas Semarang ini memang tidak pernah surut penikmatnya. Nasi putih dengan kuah kental yang kaya akan bumbu rempah lengkap dengan potongan daging sapi yang empuk. Cita rasa nasi gandul Semarang sudah sangat terkenal jadi tidak heran bila keberadaan masih tetap konsisten sampai sekarang.

Nah, bagi yang tidak bisa datang atau berkunjung langsung ke Semarang, ada alternatif lain yakni membuat nasi gandul sendiri di rumah. Meskipun mungkin rasanya sedikit berbeda dengan nasi gandul asli Semarang namun paling tidak bisa mengobati rasa kangen atau penasaran bagi yang belum pernah merasakan kelezatannya.

Jangan salah, resep di bawah ini ternyata tidak kalah dengan nasi gandul yang ada di Semarang. Langsung saja ke pembahasan ya!

Resep Nasi Gandul Khas Pati Semarang

Masakan Indonesia khususnya Jawa memang kaya akan rempah – rempahnya. Begitu pula dengan kuliner satu ini. jadi jangan kaget bila banyak orang ketagihan untuk datang dan merasakannya lagi. Nah, bagi bunda – bunda cantik di rumah berikut ini sudah dirangkumkan resep nasi gandul yang bisa bunda buat sendiri di rumah.

Berikut resep nasi gandul terlezat yang bisa bunda coba buat. Inilah cara dan bahan yang diperlukan untuk membuat nasi gandul khas pati:

1. Bahan Utama

Adapun bahan utama yang perlu bunda semua persiapkan sebelum membuat nasi gandul khas Semarang adalah sebagai berikut :

Santan 65 ml
Daging sapi atau bisa diganti dengan daging kambing 200 gram
Air 1 liter
Bahan Bumbu
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 5 siung
Jahe ½ ruas jari
Kencur ½ ruas jari
Ketumbar ½ sdt
Jinten ¼ sdt
Lengkuas 1 ruas jari
Kemiri 2 butir
Gula merah 3 sdm
Minyak 1 sdm untuk menumis
2. Bahan Pelengkap

Untuk melengkapi rasa dan tampilan nasi gandul istimewa, bunda juga perlu mempersiapkan beberapa bahan pelengkap seperti di bawah ini :

Kayu secang 3 helai
Kayu manis secukupnya
Kaldu jamur ½ sdt
Garam ½ sdm
Tempe 1 papan
Tepung beras 1 sdm
Cabe rawit secukupnya
Kecap manis
3. Cara Membuat

Perhatikan dengan seksama dan ikuti step by stepnya dengan benar. Agar rasa dan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut :

Pertama siapkan bahan bumbu, lalu haluskan semua bahan bumbu dari mulai bawang putih hingga gula merah. Kemudian tumis hingga harum dan sisihkan.
Rebus daging sapi atau bisa juga diganti dengan daging kambing atau kerbau. Rebusan pertama dibuang dahulu airnya kemudian rebus kembali dengan air yang baru ditambah dengan 1 sdt baking soda. Proses ini berfungsi untuk membuang sisa – sisa kotoran atau darah pada daging dan mempercepat daging empuk. Angkat dan sisihkan
Rebus air masukkan potongan daging dan masukkan juga bumbu yang sudah ditumis tadi. Tambahkan kayu manis dan kayu secang masak hingga bumbu harum. Setelah itu masukkan santan, garam, dan kaldu jamur kecilkan api tunggu hingga bumbu meresap. Tes rasa kuah dagingnya.
Sementara menunggu daging matang , siapkan minyak di wajan lalu panaskan. Kemudian iris tempe menjadi beberapa bagian. Siapkan bumbu penyedap rasa dan bawang putih halus. Larutkan tepung beras dengan sedikit air dan goreng tempe hingga matang.
Bahan tambahan yakni sambal kecap. Caranya haluskan cabe rebus dan campur dengan kecap manis.
Angkat masakan daging yang sudah matang lalu siapkan piring. Tata nasi dan  daging lalu siram dengan kuah gandul. Tambahkan tempe dan sambal kecap. Nasi gandul siap dinikmati.

Itulah pembahasan mengenai nasi gandul Semarang lengkap beserta resepnya. Jadi bunda di rumah tidak perlu khawatir bila ingin menikmati masakan satu ini. ajak keluarga dan anak – anak untuk ikut serta mencoba berbagai masakan khas daerah dan negeri sendiri. Secara tidak langsung hal tersebut dapat menumbuhkan dan melestarikan masakan nusantara. Selamat mencoba!