5 Olahraga Aman untuk Anak-Anak Sekolah yang Harus Dicoba

  
Olahraga Aman untuk Anak-Anak

Membiasakan dan menerapkan pola hidup sehat kepada anak sangatlah penting. Berolahraga adalah cara termurah dan termudah untuk mendapatkan hidup yang sehat. Adakah olahraga aman untuk anak-anak agar dapat hidup sehat? Tentunya ada.

Inti dari berolahraga itu aktivitas fisik, gerakan-gerakan yang dilakukan ketika berolahraga berguna dalam menjaga fungsional tubuh. Ketika tubuh berfungsi dengan baik, maka berbagai macam aktivitas di dalam tubuh seperti metabolisme tubuh juga akan berjalan dengan baik.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Anak

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa olahraga itu cara memperoleh hidup sehat dengan mudah. Karena memang berolahraga itu mudah untuk dilakukan baik untuk anak usia dini, remaja, dewasa, maupun lansia.

Selain menjaga fungsional tubuh, salah satu manfaat dari olahraga juga dapat membantu dalam pembentukan kekuatan otot dan tulang. Ketika berolahraga, maka bagian-bagian tubuh yang bergerak akan merangsang otot dan tulang untuk berkembang.

Macam-Macam Olahraga Aman untuk Anak-Anak Sekolah

Ada banyak sekali kegiatan olahraga yang bisa dilakukan. Namun, untuk anak yang masih sekolah, olahraga yang dilakukan juga harus menyesuaikan dengan usianya. Jangan sampai melakukan olahraga berat contohnya seperti angkat beban atau barbel.

Dengan memilih olahraga yang tepat untuk anak, maka manfaat dari olahraga yang dilakukan akan dapat dirasakan oleh anak yang melakukannya. Kira-kira apa saja ya olahraga yang baik untuk anak? Berikut ini beberapa contohnya:

1. Bersepeda

Siapa yang tidak suka dengan bersepeda? Bersepeda bisa dijadikan olahraga rutin yang harus dicoba oleh anak. Kaki yang mengayuh pedal sepeda agar dapat bergerak akan merangsang pertumbuhan otot dan tulang pada bagian kaki.

Selain melatih tubuh bagian kaki, bersepeda juga melatih posisi tulang belakang. Dengan posisi duduk yang benar saat bersepeda akan membantu pertumbuhan tulang belakang dengan baik. Ini menjadi salah satu olahraga yang cukup aman untuk anak.

2. Lompat Tali

Bermain lompat tali pun juga termasuk dalam aktivitas berolahraga. Ketika lompat tali dilakukan, maka tulang dan otot pada pergelangan tangan akan terlatih dengan baik karena gerakan-gerakan memutar tali yang terjadi berulang-ulang akan melatih kekuatan otot dan tulang pada bagian tangan.

Selain itu, lompat tali juga mampu merangsang perkembangan otot dan tulang pada bagian kaki. Karena aktivitas fisik yang meloncat-loncat akan melatih kekuatan tulang yang ada pada bagian kaki.

3. Jogging

Olahraga ketiga yang bisa dicoba adalah jogging. Ini jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan diantara jenis olahraga yang ada. Olahraga ini sangat seru sekali jika dilakukan bersama-sama, orangtua dan anak dapat melakukan jogging bersama-sama.

Selain melatih otot bagian kaki, jogging pun dapat melatih kemampuan kerja jantung dan paru-paru. Ketika berlari, jantung akan bekerja dengan cepat dan pertukaran oksigen yang terjadi di paru-paru juga akan cepat. Hal inilah yang dapat membantu dalam meningkatkan fungsi kerja dan jantung yang dimiliki oleh anak.

4. Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga aman untuk anak-anak yang melibatkan semua bagian tubuh. Ketika berenang, maka semua tubuh akan ikut terlibat bergerak, selain itu berenang juga merupakan aktivitas yang seru sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh dan stress.

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari berenang, seperti dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan fungsi kerja jantung dan paru-paru. Jadi jangan sampai lupa memperkenalkan anak kepada olahraga yang satu ini ya.

5. Bela Diri

Olahraga terakhir yang bisa dicoba untuk anak adalah bela diri. Mengikuti bela diri tidak selalu tujuannya agar anak mampu melindungi dirinya ketika ada bahaya yang mengancamnya seperti pertikaian dan sejenisnya.

Bela diri lebih dari itu, bahkan sekarang ini bela diri dapat dijadikan sebagai sarana olahraga yang efektif untuk anak. Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika bela diri seperti menendang, memukul, menghindar akan memberikan efek yang baik terutama pada pertumbuhan otot dan tulang.

Membiasakan pola hidup sehat sejak dini sangatlah penting, agar anak sudah terbiasa menerapkan kebiasaan untuk hidup sehat. Sehingga kebiasaan ini mampu dibawa hingga sampai dewasa bahkan sampai seumur hidupnya.

Nah, itulah olahraga aman untuk anak-anak  yang bisa dilakukan oleh anak demi mendapatkan tubuh sehat dan juga kuat. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.