7 Manfaat Olahraga Naik Turun Tangga di Rumah

  

Olahraga naik turun tangga di rumah adalah aktivitas yang tidak hanya menyehatkan. Tetapi juga ada manfaat lain dari olahraga ini yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Di bawah ini akan diuraikan tentang manfaat dari olahraga naik turun tangga di rumah. Semoga setelah mengetahui faedah-faedahnya keinginan untuk melaksanakan olahraga ini semakin besar. Berikut manfaat-manfaat yang dimaksud:

1. Mengencangkan Otot Paha

Manfaat olahraga naik turun tangga di rumah yang pertama adalah mengencangkan otot paha.  Tentu jika otot ini sudah kencang maka postur pinggul hingga kaki lebih ideal. Selain itu, otot paha yang kencang membuat pergerakan tubuh lebih ringan. Serta bisa beraktivitas dengan nyaman terutama aktivitas yang berkaitan dengan anggota tubuh bagian bawah.

2. Menjaga Vitalitas

Vitalitas tubuh supaya tetap prima harus dilatih dengan olahraga yang tepat. Diantaranya dengan berjalan kaki, jogging, aerobik atau naik turun tangga. Jika vitalitas sudah mumpuni tentu ketika melakukan aktivitas apapun tidak akan mudah lelah. Imun juga bagus sehingga tubuh lebih jarang sakit karena tidak terganggu virus dan bakteri.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat olahraga naik turun tangga yang ketiga adalah menurunkan berat badan. Karena ketika sedang naik maupun sedang turun tangga terjadi pembakaran lemak di dalam perut. Itu artinya semakin sering olahraga ini dilakukan maka perlahan-lahan lemak di perut akan terkuras.

Dengan ini maka bentuknya kembali sixpack dan rata yang berefek pada penurunan bobot badan. Jika ingin menurunkan berat badan yang aman silahkan naik turun tangga saja setiap hari. Diiringi juga dengan makan makanan yang bergizi dan tidak mengkonsumsi makanan dengan lemak berlebih.

4. Untuk Menjaga Penampilan

Aktivitas naik turun tangga di rumah bermanfaat untuk menjaga penampilan tetap menarik. Karena sudah dijelaskan di atas kalau olahraga ini bisa membuat perut sixpack. Jika perut sixpack dan otot dada muncul maka tentu perawatan tubuh terlihat lebih gagah dan ideal. Ini yang sejatinya membuat penampilan terlihat lebih menarik.

5. Untuk Melatih Pernafasan

Melakukan olahraga naik turun tangga di rumah setiap hari sama saja dengan berlari maupun bermain bulutangkis yang membutuhkan tenaga ekstra. Namun, efeknya adalah ketika melakukan olahraga-olahraga semacam ini tentu pernafasan lebih kuat dan lega.

Jadi daripada olahraga lari dengan jarak yang jauh atau bermain sepak bola yang rentan bagi usia-usia di atas kepala empat, lebih baik jika memang ingin melatih pernafasan lakukan olahraga naik turun tangga saja. Asalkan rutin dilakukan efeknya juga tidak berbeda.

6. Mengatasi Urat Kaki Terpelintir

Jika sering mengalami urat kaki terpelintir seperti mudah capek dan kram, maka silahkan lakukan olahraga naik turun tangga. Namun pastikan ukurannya tidak terlalu tinggi cukup 3-5 tangga saja setelah itu turun kembali. Ini untuk melakukan pengurutan secara alami pada urat-urat kaki yang terpelintir.

Selama dijalankan dengan baik, tidak berlari serta menjaga gerakan tetap sama, maka aktivitas semacam ini tidak akan berbahaya. Sekedar saran untuk poin keenam ini silakan dilakukan bagi orang di bawah usia 40 tahun. Karena aktivitas berlatih naik turun tangga untuk meningkatkan kebugaran otot adalah aktivitas yang cukup melelahkan.

7. Membuat Awet Muda

Jika terbiasa berjalan kaki atau jogging bisa membuat awet muda apalagi dengan olahraga naik turun tangga. Karena ini sejatinya sangat menyenangkan serta bisa meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh.

Lebih bagus lagi jika ketika melakukan aktivitas ini muncul keringat hangat. Karena itu pertanda kalau sedang terjadi pembakaran lemak yang bagus sehingga tidak terjadi penyumbatan nutrisi vitamin E yang sejatinya bagus untuk kesehatan kulit dan lainnya.

Demikian beberapa manfaat olahraga naik turun tangga di rumah. Diharapkan aktivitas semacam ini harus dilakukan secara rutin supaya faedahnya benar-benar didapatkan.