Waktu Yang Tepat Untuk Olahraga Mengecilkan Perut Agar Lebih Maksimal

  

Sebagian orang percaya olahraga di malam hari bukan pilihan yang baik, karena justru berbahaya. Sebagian besar orang juga percaya kalau olahraga yang paling baik yaitu saat pagi hari. Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk olahraga mengecilkan perut?

Memang, perut yang buncit atau menggelambir seringkali membuat tidak nyaman. Perut yang banyak lemak membuat kurang percaya diri. Secara kesehatan, perut yang berlemak juga berisiko memunculkan penyakit yang lain. Jadi, sebelum perut terlalu besar, mulailah untuk mengecilkannya.

1. Setelah makan

Jika kebanyakan orang mengira olahraga yang baik dilakukan sebelum makan, namun Dr dr Aris Wibudi, SpPD, KEMD, CHT, ABAARM dipl, mengatakan hal yang sebaliknya. Sebab, kultur masyarakat Indonesia seringkali mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat saat sarapan. 

Makanan yang tinggi karbohidrat tersebut akan meningkatkan gula darah dengan cepat. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk olahraga mengecilkan perut, sebaiknya dilakukan pagi hari, kurang lebih satu jam setelah makan pagi.

2. Sore Hari

Meski olahraga adalah aktivitas yang baik untuk kesehatan tubuh, tapi jika waktunya tidak tepat, justru bisa jadi boomerang. Salah satu waktu yang baik untuk olahraga, terutama jika berniat mengecilkan perut, yaitu sore hari. Mengapa di sore hari?

Sebab, makanan yang dikonsumsi di pagi dan siang hari sudah tercerna dengan baik dan masuk ke usus di sore hari. Aktivitas fisik yang dilakukan saat makanan sudah terserap akan terasa lebih enak.

3. Tiga Kali Seminggu

Sebanyak tiga kali seminggu, cobalah lakukan berenang secara rutin. Olahraga air ini sangat berguna bagi yang ingin mengecilkan perut, sebab berenang secara rutin dapat menurunkan lemak secara bertahap.

Waktu yang tepat untuk olahraga mengecilkan perut dengan berenang dilakukan setidaknya selama 20 hingga 30 menit dalam sekali waktu dan lakukan tiga kali dalam seminggu. Selain perut mengecil, kesehatan jantung, otot, dan tulang juga akan meningkat.

4.Dua puluh menit

Jogging menjadi pilihan olahraga yang cukup mudah  untuk dilakukan untuk mengecilkan perut. Olahraga lari santai ini sangat baik untuk membakar lemak di perut. Tak berbeda dengan renang, jogging tak perlu dilakukan terlalu lama. Cukup selama 20 hingga 30 menit sekali waktu. Dalam sepekan, setidaknya lakukan selama tiga kali. Waktu yang tepat untuk olahraga mengecilkan perut ini, sebaiknya dilakukan di pagi hari saat udara segar.

5. Tidak Begadang

Selain melakukan olahraga fisik, beberapa kebiasaan juga berefek pada perut. Pola tidur begadang bisa menyebabkan perut buncit. Jadi, kalau tak ingin perut buncit, sebelum bingung cara mengecilkan perut, lebih baik atur pola tidur dan kurangi begadang.

6. Sebelum Tidur

Jika di atas banyak diulas waktu yang tepat untuk olahraga  mengecilkan perut adalah pagi hari. Namun olahraga yang satu ini juga baik dilakukan sebelum tidur atau setelah beraktivitas seharian. Ya, plank adalah olahraga yang bisa dilakukan sebelum tidur, sepulang kerja, atau saat melakukan aktivitas santai seperti menonton televise dan mendengarkan musik. Olahraga plank ini sekilas tampak ringan, tapi sebetulnya melibatkan banyak otot tubuh, seperti otot perut, paha, punggung, bahu, hingga lengan.

Olahraga ini cukup berat dilakukan. Melakukan semenit saja, rasanya sudah menguras energi. Dampak positifnya, olahraga ini cukup ampuh untuk mengecilkan perut. Cobalah melakukan plank setidaknya semenit. Secara bertahap, durasi waktu ini mungkin akan meningkat.

Itulah enam pilihan waktu yang tepat untuk olahraga mengecilkan perut. Jika dilakukan secara konsisten, proses tidak akan mengkhianati hasil. Perlahan, perut pun akan mengecil dan terbentuk sempurna sesuai harapan.