Diet untuk Anak Obesitas? Inilah Cara-Caranya!

  
diet untuk anak obesitas

Sayang anak bukan berarti memanjakannya sehingga membahayakan kesehatan. Salah satu cara memanjakan yang salah adalah dengan memberikan makanan yang kurang tepat. Ujung-ujungnya obesitas pada anak. Bagi yang sudah terlanjur, berikut ini ulasan diet untuk anak obesitas.

Bahaya Obesitas Pada Anak

Anak-anak apalagi yang masih usia dini bisa mengalami obesitas. Hal ini biasanya dari pola makan yang salah dari orang tua. Resiko yang harus ditanggung oleh anak-anak dengan mengidap obesitas adalah kesehatannya.  Pada anak-anak, obesitas ini sendiri bisa menjadi penyebab utama diabetes tipe 2 serta tekanan darah pada usia lanjut. Itu jika dilihat secara fisik. 

Secara psikis pun obesitas juga memberi dampak yang berbahaya. Anak jadi kehilangan rasa percaya diri. Jika secara fisik maupun psikis dibiarkan begitu saja, anak tumbuh kembangnya bisa bermasalah. Belum lagi jika harus mengidap penyakit mematikan, masa depannya bisa terancam. Obesitas memang tidak bisa disepelekan baik pada anak-anak atau orang dewasa.

Cara Melakukan Diet Bagi Anak Obesitas

Diet untuk anak obesitas mudah dilakukan. Asalkan ada niat tentu akan ada jalan. Beberapa ulasan di bawah ini bisa dicoba, agar obesitas pada buah hati bisa teratasi.

1. Sarapan sehat

Diet untuk anak obesitas yang pertama ada pada menu sarapan. Sarapan sehat adalah asupan yang paling penting untuk mengawali aktivitas anak.  Anak dengan berat badan berlebih bisa mengawali hari dengan satu mangkuk sereal yang dipadukan dengan susu skim tanpa lemak. 

Ditutup dengan buah segar seperti apel dan pisang. Selain alami dan aman untuk dikonsumsi, buah juga bisa menjadikan perut kenyang. Belum lagi kandungan nutrisi yang ada pada buah sangat baik untuk kesehatan. Jadi usahakan saat sarapan buah segar selalu disajikan untuk anak. 

2. Jus sehat

Diet untuk anak obesitas selanjutnya yakni mengganti minuman berkarbonasi dengan jus buah segar. Banyak macam buah yang enak dijadikan jus. Satu gelas jus buah segar ini bisa juga disajikan saat sarapan. 

Kandungan yang terdapat pada buah sangat cocok bagi siapa saja yang punya masalah berat badan berlebih, khususnya anak-anak. Misalnya saja semangka atau stroberi, bisa dijus sehingga anak tertarik dan semangat meminumnya.

3. Sayur-sayuran

Biasanya memang anak kecil mayoritas tidak suka dengan sayur. Hal ini karena sayur rasanya hambar. Namun jangan lantaran anak tidak mau maka dibiarkan. Sayur harus dikonsumsi anak-anak untuk menjaga tumbuh kembangnya bisa sempurna.

Carilah ide menarik dan kreatif untuk mengolah sayur sehingga anak mau makan. Misalnya saja menyajikan sandwich dengan isian salad atau sayuran. Tentu anak akan tertarik dan mau makan sayur.

4. Makanan Ringan

Diet bukan berarti berhenti ngemil apalagi untuk anak-anak. Biasanya cemilan itu selalu dinantikan anak.  Di sini sangat disarankan untuk menghindari cemilan berbahaya. Baiknya berikan buah segar atau makanan yang rendah gula.

5. Melakukan Kegiatan Fisik

Diet untuk anak obesitas bukan hanya melulu lapa makanan dan minuman yang dikonsumsi. Namun olahraga juga menjadi salah satu cara diet yang bisa dilakukan pada anak. 

Berenang bisa menjadi aktivitas rutin yang bisa dilakukan anak. Selain seru dan menyenangkan, renang sendiri merupakan bentuk olahraga yang menyehatkan. 

Nah, itu dia beberapa cara diet yang bisa dilakukan pada anak yang obesitas. Jangan abaikan berat badan berlebih pada anak karena dampaknya sangat membahayakan. Yuk coba lakukan diet sejak dini, agar berat badan bisa ideal. Sayang anak dengan menjaga kesehatannya.