Kuliner Khas Salatiga Yang Memanjakan Lidah Traveler

  

Salah satu kota yang terkenal sebagai destinasi wisata di Jawa Tengah adalah Kota Salatiga. Kota ini merupakan kota kecil yang terletak di sebelah timur Provinsi Jawa Tengah. Apabila sudah berkunjung ke sini, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Salatiga yang sanggup membuat orang ketagihan. Lalu apa saja kuliner-kuliner tersebut.

1. Getuk Kethek

Namanya sangat unik bukan? Makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Salatiga dengan bahan dasar singkong di dalamnya. Untuk rasa sendiri tidak perlu diragukan lagi, empuknya singkong berpadu dengan manisnya kelapa. Pasti sanggup bikin lidah bergoyang. Tapi makanan ini hanya mampu bertahan selama 6 jam saja yah, jadi kurang cocok bila ingin dibawa bepergian jauh.

2. Ampyang

Bila di daerah Jawa Barat, ampyang merupakan makanan berbahan dasar kelapa maka lain halnya dengan ampyang daerah Jawa Tengah. Ampyang ini berbahan dasar kacang tanah, dengan rebusan air jahe, dan campuran gula merah. Makanan ini sangat pas untuk dijadikan teman ngemil, sembari menikmati indahnya Kota Salatiga di sore hari.

3. Enting-Enting Gepuk

Satu lagi makanan ringan yang menjadi kuliner khas Salatiga dengan bahan dasar pembuatannya adalah kacang tanah. Makanan yang satu ini tidak hanya cocok untuk dijadikan camilan, tapi juga untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Harganya sendiri terjangkau, dan makanan ini sangat mudah untuk ditemukan dimana-mana.

4. Opor Bebek

Bila kebanyakan daerah menggunakan ayam sebagai bahan utama dalam opor, maka lain halnya dengan Kota Salatiga yang menggunakan bebek sebagai bahan opornya. Jangan khawatir akan rasanya, karena pastinya sangat memanjakan lidah. Belum lagi proses memasaknya yang masih tradisional dengan menggunakan tungku. Dijamin bisa membuat liur menetes.

5. Soto Esto

Dingin-dingin enaknya pasti memakan makanan yang berkuah. Tepat banget jika menjatuhkan pilihan ke soto khas Salatiga yang satu ini. Dengan perpaduan antara kuah kuning yang mengandung santan, mie beras, serta disantap menggunakan nasi hangat dan kerupuk. Aduh, rasanya sudah tidak peduli lagi akan berat badan yang bisa saja melonjak. Bawaannya pasti pingin nambah terus.

6. Gecok Kambing

Setelah tadi getuk kethek dengan nama uniknya, kali ini ada gecok kambing yang namanya mungkin kurang familiar di tengah para traveler yang baru berkunjung. Hidangan ini sekilas mirip tongseng, tapi tidak menggunakan kol. Di dalam kuahnya menggunakan banyak campuran rempah-rempah seperti santan, sehingga tidak akan tercium bau amis yang biasanya berasal dari kambing.

7. Sate Sapi Suruh

Bila biasanya pilihan sate hanya tersedia daging ayam, dan kambing, maka di Salatiga traveler bisa menemukan sate dengan pilihan daging sapi. Sekilas mirip sate maranggi yang juga berbahan dasar sama, tapi rasanya berbeda khas tersendiri dari Salatiga. Daging sapinya dibuat empuk terlebih dahulu, sebelum dimatangkan lagi dengan cara dibakar lalu disajikan dengan bumbu kacang.

8. Ronde Sekoteng

Makanan ini paling tepat disantap saat malam-malam di tengah hawa dingin Kota Salatiga. Ronde yang terbuat dari tepung beras ini, akan dicampurkan dengan bahan pelengkap lain seperti kacang tanah, dan kolang-kaling. Selanjutnya campuran tersebut akan diguyur dengan campuran air jahe panas, yang bisa membuat tubuh terasa hangat.

Bagaimana, sudah tau akan mencoba kuliner khas Salatiga yang mana dulu saat hendak berkunjung kesana? Kenapa tidak coba saja semuanya, dan bawakan yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan sekaligus pengobat rindu akan rasa makanan khas Salatiga. Apalagi rasa makanan Salatiga sangat sulit untuk dilupakan. Selamat mencoba.