Makanan Khas Balikpapan Yang Terkenal Enak dan Unik

  

Balikpapan merupakan ibukota di Kalimantan Timur. Kota ini terkenal dengan perkembangan minyak yang sangat pesat. Tidak hanya itu, kota ini juga terkenal dengan beragam jenis kuliner. Kreatifitas masyarakat di Balikpapan yang melahirkan cita dan rasa yang khas. Berikut makanan khas Balikpapan yang terkenal enak dan memiliki rasa yang unik yaitu :

1. Roti Mantau

Mantau merupakan makanan khas Balikpapan yang berbentuk roti lembut. Atau biasa disebut dengan roti sepan. Roti ini terbuat dari olahan tepung terigu dengan tekstur dan rasa yang lembut, dan tidak berisi apa-apa. Roti mantau ini selalu dibeli oleh para wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan sebagai oleh-oleh.

2. Amplang

Amplang merupakan kerupuk dengan aroma dan cita rasa ikan yang gurih. Ikan yang digunakan seperti ikan gabus, tenggiri, maupun belida. Proses pembuatannya yaitu daging ikan digiling sampai halus kemudian di campur dengan tepung sagu dan selanjutnya di bentuk, baru dilakukan penggorengan. Rasa yang tersedia mulai rasa ayam bawang, lada hitam, barbeque, dan lain-lain.

3. Olahan Kepiting

Para wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan selalu mencari kuliner seafood satu ini. Kepiting yang diolah biasanya kepiting soka maupun kenari. Proses pembuatannya yaitu kepiting yang diolah dengan beragam bumbu lada hitam, saus padang dan saus tiram, mentega, serta bumbu lainnya. Ada juga para wisatawan yang membawa olahan kepiting untuk dijadikan buah tangan.

4.Bingka Kentang

Bingka Kentang juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Mempunyai rasa manis dan legit yang mirip dengan kue lumpur. Menu ini dibentuk bulat maupun seperti mahkota bunga.

5. Nasi Bakar Isi Seafood

Nasi bakar isi seafood khas Balikpapan ini terdiri dari makanan laut seperti ikan, udang, bahkan kepiting. Dengan sensasi makan di atas daun pisang yang dibakar seperti bentuk lontong menambah rasa yang lezat tentunya. Di dalamnya juga terdapat beragam seafood.

6. Pisang Gapit

Olahan pisang dari Balikpapan ini biasanya terbuat dari pisang gepok. Proses pembuatannya yaitu dibakar sampai setengah matang  kemudian dijepit dengan alat yang terbuat dari kayu, dan dibakar lagi. Setelah itu disiram kuah beraroma nangka yang dipadu dengan santan, gula merah, dan potongan nangka.

7. Brownis Batubara

Dinamakan brownis batubara karena disajikan dengan topping serbuk berwarna hitam pekat seperti batubara. Karena daerah Kalimantan Timur ini dikenal karena pertambangan batu bara.

8. Abon Kepiting

Salah satu olahan kepiting lainnya yaitu abon kepiting. Lebih nikmat apabila disajikan dengan nasi putih hangat dengan rasa yang gurih dan nikmat. Abon kepiting yang banyak dikenal di Balikpapan yaitu abon kepiting ‘Bonting’ dan dibuat dari daging kepiting asli.

9. Mie Soba Lada Hitam

Kuliner ini menjadi favorit masyarakat sekitar dan incaran bagi turis Mancanegara yang berkunjung ke kota Balikpapan. Mie yang dibuat lumayan besar dibandingkan menu mie pada umumnya.

10. Peyek Kepiting Kampung Timur

Pada umumnya, peyek terbuat dari kacang tanah, udang, maupun kacang hijau. Di Balikpapan, peyek terbuat dari daging kepiting asli. Beberapa wisatawan yang berkunjung di kota ini selalu mencari makanan khas Balikpapan satu ini untuk dijadikan oleh-oleh ketika pulang ke negaranya.

11. Olahan Cumi

Olahan cumi ini digunakan sebagai kerupuk dan stik yang berbahan dasar utama cumi-cumi. Makanan ini juga menjadi tujuan para wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan. Sangat mudah ditemukan di beberapa wilayah di Kota Minyak ini.

Itulah beberapa makanan khas Balikpapan yang wajib dicoba dan jangan dilewatkan oleh para wisatawan. Mengenai masalah harga juga terbilang cukup terjangkau. Dan masalah rasa juga sesuai dengan cita rasa dari kota Balikpapan.