Pilihan Makanan Sehat Buat Ibu Hamil Yang Baik Untuk Dikonsumsi

  
makanan sehat buat ibu hamil

Saat sedang hamil tentunya seorang ibu harus menjaga kondisi tubuhnya agar janin tetap dalam keadaan sehat. Selain rutin mengontrol kesehatan, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan sehat buat ibu hamil untuk tumbuh kembang janin. Hal ini dikarenakan ketika memasuki masa kehamilan diperlukan asupan kalori tambahan hingga mencapai 300-500 kkal per harinya.

Selain mempengaruhi kesehatan ibu hamil, makanan yang dikonsumsi juga dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin yang sedang dikandungnya. Selain menjaga kesehatan, tentunya makanan yang dikonsumsi juga dapat mempengaruhi kecerdasan anak kelak. Berikut beberapa pilihan makanan sehat yang dapat dikonsumsi setiap harinya oleh ibu hamil.

1. Mengkonsumsi Susu dan Produk Olahannya

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang kaya akan nutrisi dan tentunya baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Saat memasuki masa kehamilan, kebutuhan akan nutrisi seperti kalsium juga bertambah. Per harinya, ibu hamil memerlukan kalsium berkisar 1200 mg.

Kalsium yang dikonsumsi ibu hamil diperlukan untuk menjaga tulang ibu agar tetap kuat dan pembentukan tulang serta gigi janin. Untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil akan kalsium, mengkonsumsi susu serta produk olahannya tentu sangat dianjurkan. Ibu hamil dapat mengkonsumsi yoghurt probiotik untuk melindungi kandungan dari alergi maupun infeksi.

2. Olahan Kacang-kacangan

Salah satu sumber nabati yang kaya akan nutrisi seperti protein, folat, kalium dan serat adalah kacang-kacangan. Tentunya dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, kacang-kacangan menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang polong, kacang kedelai dan buncis merupakan pilihan makanan sehat yang dapat dipilih oleh ibu hamil.

Kacang-kacangan yang akan dikonsumsi sebaiknya diolah terlebih dahulu hingga matang. Hal ini dimaksudkan agar kacang lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan sehingga menjadi makanan sehat buat ibu hamil. Untuk mengolahnya, kacang-kacangan dapat dicampurkan ke olahan makanan lain untuk memperkaya rasanya.

3. Telur

Kolin merupakan asupan nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan. Nutrisi ini diperlukan untuk menurunkan risiko penurunan fungsi otak dan cacat pada janin. Untuk memenuhi kebutuhannya akan kolin, ibu hamil dapat mengkonsumsi telur. Sebutir telur ayam dikatakan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk dikonsumsi.

Tentunya selain kolin, tingginya protein dalam telur juga diperlukan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan sel dan membangun plasenta janin. Karena kandungan kolesterol yang cukup tinggi di dalam telur, sebaiknya perhatikan jumlahnya saat hendak dikonsumsi.

4. Buah dan Sayur Hijau

Makanan sehat yang satu ini tentunya tidak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini dikarenakan buah dan sayur mengandung vitamin dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Buah yang mengandung banyak asam folat seperti pisang dan alpukat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat diperlukan untuk meringankan morning sickness dan mengurangi risiko bayi lahir cacat.

Sayuran seperti brokoli dan sayuran berwarna hijau lainnya seperti kangkung dan bayam mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Asupan sayur semasa hamil dapat melancarkan sistem pencernaan, menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia.

5. Daging dan Ikan

Karena tingginya asupan protein yang diperlukan oleh ibu hamil tentunya daging dan ikan dapat menjadi makanan sehat yang tepat untuk dipilih. Diketahui pula bahwa ikan mengandung asam lemak omega-3 esensial yang sangat baik untuk perkembangan janin. Sebelum mengkonsumsinya, daging dan ikan harus dimasak hingga matang.

Demikianlah informasi mengenai pilihan makanan sehat buat ibu hamil. Tentunya selain makanan yang dipilih, ibu hamil juga harus memperhatikan porsi makanan yang hendak dimakannya. Konsultasikan juga pada dokter kandungan agar nutrisi untuk ibu dan janin terpenuhi.