7 Olahraga Aman Untuk Manula di Rumah Yang Dapat Meningkatkan Kebugaran

  
Olahraga aman untuk manula di rumah

Tidak hanya anak-anak dan orang dewasa, olahraga juga perlu dilakukan oleh manula agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tentunya jenis olahraga manula berbeda dengan mereka yang masih muda mengingat kondisi fisik yang tidaklah lagi sama. Banyak sekali olahraga aman untuk manula di rumah yang dapat menjadi pilihan.

Manula yang rutin berolahraga terbukti jauh lebih sehat baik secara fisik maupun mental. Dalam seminggu manula dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 2 sampai 3 kali untuk melatih jantung, menjaga keseimbangan tubuh dan melatih kekuatan otot. Berikut beberapa olahraga aman yang dapat dilakukan oleh manula di rumah:

1. Senam Bugar

Gerakan sederhana seperti memiringkan kepala ke kanan dan kiri, meregangkan tangan dan merentangkan kaki ternyata bisa dijadikan senam bugar manula. Melakukan senam bugar setidaknya 15 menit per hari terbukti mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manula. Sebaiknya waktu latihan dilakukan pada pagi atau sore hari.

2. Jalan Kaki

Aktivitas sederhana yang dapat dan mudah dilakukan setiap hari seperti jalan kaki ternyata bisa dijadikan sebagai olahraga. Olahraga aman untuk manula ini tentunya cukup sederhana dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jalan kaki dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko terkena penyakit stroke dan jantung yang tentunya cocok bagi manula.

3. Yoga

Salah satu olahraga yang dapat melatih pernapasan dan memperkuat otot tubuh manula yaitu yoga. Meskipun aman dilakukan oleh manula setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencobanya. Usia, tingkat kebugaran dan kemampuan fisik merupakan hal yang harus diperhatikan.

Ada berbagai manfaat yang akan diperoleh setelah rutin melakukan yoga. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan fungsi otak, menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Agar lebih aman, dampingi manula ketika sedang melakukan yoga.

4. Olahraga Tai Chi

Salah satu ilmu bela diri yang berasal dari Cina dan dijadikan sebagai olahraga yaitu Tai Chi. Gerakan yang anggun dengan pernapasan yang dalam menjadi ciri khas dari olahraga yang satu ini. Tentunya Tai Chi dapat dilakukan oleh semua orang termasuk manula.

Manula yang rutin melakukan olahraga Tai Chi akan jauh lebih sehat dan bugar. Selain itu manfaat lain yang dapat dirasakan yaitu tubuh yang lebih seimbang dan memperkuat sistem pernapasan. Lakukan gerakan Tai Chi setidaknya 3 sampai 4 kali seminggu pada pagi atau sore hari.

5. Aerobik

Aerobik yang lebih dikenal sebagai kardio merupakan jenis olahraga yang dapat merangsang denyut jantung. Bagi manula aerobik merupakan olahraga aman untuk manula di rumah karena dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan keseimbangan tubuh. Tentunya aerobik yang dilakukan merupakan aerobik ringan yang berbeda dengan aerobik anak muda.

6. Menari

Tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan, menari dapat dijadikan sebagai olahraga sederhana yang dapat dilakukan oleh manula. Dengan berbagai gerakan yang dilakukan dengan menari ternyata dapat meningkatkan daya ingat dan suasana hati. Selain itu, menari juga dapat meningkatkan energi, meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

7. Badminton

Jika memiliki halaman rumah yang cukup luas tidak ada salahnya bagi manula untuk mencoba olahraga badminton. Selain mudah untuk dilakukan, badminton dapat membantu manula untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Badminton juga dapat melancarkan peredaran darah dan sistem pernapasan sehingga manula menjadi lebih sehat.

Demikianlah beberapa olahraga aman untuk manula di rumah. Tentunya banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh manula yang rajin berolahraga seperti tubuh yang lebih sehat dan bugar. Perhatikan kondisi tubuh dan dampingi manula ketika sedang berolahraga agar lebih aman.