5 Jenis Olahraga Melancarkan Peredaran Darah

  
Olahraga Melancarkan Peredaran Darah

Semua orang pasti setuju, bahwa kegiatan berolahraga sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat paling penting dari aktivitas olahraga adalah bisa melancarkan peredaran darah. Olahraga melancarkan peredaran darah memang perlu dilakukan secara rutin. Hal ini mengingat bahwa sistem peredaran darah pada tubuh juga memiliki peran yang penting.

Sistem peredaran darah memiliki peran untuk mendistribusikan zat gizi dan oksigen ke seluruh tubuh. Dapat dikatakan bahwa seluruh organ serta jaringan tubuh, terhubung melalui pembuluh darah. Maka dari itu, terjadinya gangguan pada sistem peredaran tubuh akan berpengaruh pada fungsi tubuh lainnya.

Banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan secara rutin untuk melancarkan peredaran darah. Tidak semua olahraga yang dilakukan harus menguras tenaga hingga kelelahan. Ada pula olahraga ringan yang memberikan manfaat luar biasa. Berikut rekomendasi 5 jenis olahraga melancarkan peredaran darah yang bisa dilakukan:

1. Jogging

Jogging terbilang sebagai jenis olahraga yang sangat sederhana. Tapi, siapa sangka jika olahraga yang mudah serta murah ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Lari santai minimal 30 menit setiap hari, bisa membantu merangsang aliran darah pada tubuh. Sehingga, sirkulasi darah di dalam tubuh akan semakin lancar.

2. Yoga

Aktivitas olahraga melancarkan peredaraan darah yang selanjutnya adalah yoga. Olahraga yang lebih digemari oleh kaum hawa ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah luar biasa. Kegiatan yoga terdiri atas tiga kombinasi teknik, yaitu peregangan, relaksasi, serta pernapasan. Kombinasi ketiga teknik ini ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung.

Yoga dipercaya sebagai olahraga yang mampu mengurangi stres yang menjadi faktor risiko utama dari penyakit jantung. Dengan memiliki jantung yang sehat, maka aliran darah pun bisa semakin lancar. Bukan hanya itu, yoga juga bisa membantu menjaga serta menurunkan tekanan darah. Tentunya hal ini bisa menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung.

3. Berenang

Salah satu jenis olahraga yang paling asyik dan menyenangkan adalah berenang. Bukan hanya bisa membuat pikiran menjadi fresh, olahraga air ini ternyata bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini karena berenang bisa menunjang kebugaran pembuluh darah dan jantung.

Dengan berenang secara rutin, otot-otot tubuh akan semakin sehat. Termasuk otot jantung yang membantu memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Maka dari itu, rutin berenang akan membuat jantung semakin sehat. Peredaran darah pun akan semakin lancar. Bahkan, olahraga ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah serta detak jantung.

4. Bersepeda

Olahraga bersepeda mungkin terlihat sepele. Namun, kegiatan bersepeda ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Selain menyenangkan, olahraga melancarkan peredaran dara yang mengutamakan gerakan kaki ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Saat jantung sehat, maka peredaran darah juga akan semakin lancar.

Saat mengayuh sepeda, ternyata bukan hanya otot tubuh kaki dan tangan saja yang bekerja. Otot jantung pun ikut bekerja. Bersepeda secara rutin selama 30–60 menit setiap hari akan membantu meningkatkan kinerja otot-otot jantung. Bahkan, olahraga ini juga bisa mengurangi risiko serangan jantung yang diakibatkan oleh stres.

5. Senam Jantung

Sama seperti namanya, senam ini lebih fokus pada gerakan yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja organ jantung. Aktivitas senam jantung akan membantu denyut nadi berjalan normal. Hal ini akan berpengaruh pula pada aliran darah yang semakin lancar ke seluruh tubuh.

Senam jantung juga membantu mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol atau lemak. Dengan begitu, maka pembuluh darah bisa bekerja dengan baik untuk mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Senam jantung yang dilakukan minimal selama 30 menit setiap hari, akan membantu memenuhi kebutuhan oksigen pada jantung.

Nah, itu dia 5 rekomendasi olahraga melancarkan peredaran darah yang paling mudah dilakukan. Terbukti bahwa kita tidak harus melakukan olahraga yang berat dan menguras tenaga untuk bisa hidup lebih sehat. Olahraga ringan dan menyenangkan pun bisa membantu tubuh lebih sehat dan bugar.