Cara Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk Dengan Mudah

  

Kifosis merupakan suatu kondisi kelainan di lengkungan tulang belakang yang menyebabkan postur tubuh seseorang menjadi bungkuk. Jika tidak segera ditangani, postur tubuh yang bungkuk ini dapat menimbulkan berbagai masalah seperti nyeri hingga gangguan pernapasan. Berikut beberapa cara memperbaiki postur tubuh bungkuk dengan mudah dan dapat dilakukan setiap hari agar tulang belakang kembali normal:

1. Duduk dengan Benar

Untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk, sangat penting untuk membiasakan diri dalam posisi duduk yang tegak meskipun punggung bawah terasa nyeri. Seringkali seseorang menekuk punggung atas untuk menghindari rasa nyeri di bagian punggung bawah saat sedang duduk dalam posisi lama. Tanpa sadar, postur tubuh seperti itu mempengaruhi tulang belakang sehingga membuatnya menjadi bungkuk.

Posisi duduk yang benar adalah dengan menyejajarkan lebar kedua tumit dengan bahu dan meluruskan punggung ketika duduk. Pertahankan kaki dalam posisi 90° dan hindari menyilangkannya. Saat duduk, pilihlah kursi yang nyaman dan mampu menopang tulang belakang serta memiliki ketinggian yang mampu mempertahankan kaki tetap kuat di lantai. Meskipun pegal, pertahankan posisi ini agar tulang belakang menjadi tegak.

2. Berjalan Tegak

Selain duduk dengan benar, untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk, penderita bisa melakukan berjalan dengan tegak. Meskipun terasa nyeri dan pegal dibagian bawah punggung, pertahankan selalu posisi tegak agar tulang punggung menjadi lurus. Tidak hanya duduk, berdiri, dan berjalan, pastikan untuk selalu memperhatikan posisi tubuh saat sedang melakukan aktivitas yang melibatkan tulang punggung.

3. Bertumpu pada Otot Perut

Saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari seperti duduk atau berjalan, seringkali seseorang melakukan kebiasaan kurang tepat yang dapat menyebabkan postur tubuh menjadi bungkuk. Kebiasaan kurang tepat itu yaitu bertumpu pada  tulang punggung dan leher ketika ingin berpindah posisi. Untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk, ada baiknya untuk bertumpu pada otot perut ketika ingin berpindah posisi.

4. Tegakkan Punggung Ketika Menggunakan Tas Punggung

Karena beban yang dibawa terlalu berat, seringkali postur tubuh membungkuk ke depan agar punggung mampu menahan beban tersebut. Agar tidak menjadi kebiasaan, aturlah beban yang dibawa dalam tas punggung agar sesuai dengan kemampuan. Untuk menghindari nyeri otot dan punggung, ada baiknya untuk membawa tas punggung pada satu bahu saja dan ganti posisi tas secara berkala.

5. Yoga dan Pilates

Cara memperbaiki postur tubuh bungkuk selanjutnya adalah dengan melakukan yoga dan pilates yang memiliki gerakan peregangan. Kedua olahraga ini terbukti dapat memperkuat seluruh tubuh dan memperbaiki postur tubuh yang bungkuk sehingga tubuh menjadi stabil dan baik. Selain memperbaiki postur tubuh, yoga dan pilates yang dilakukan secara rutin dapat menambah stamina dan menjaga keseimbangan tubuh.

6. Lakukan Peregangan

Jika seseorang terlalu lama duduk, sebaiknya lakukan peregangan untuk mengistirahatkan otot yang kaku sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Peregangan dapat dilakukan 2 sampai 3 kali setiap harinya selama 5 menit dan pastikan tulang belakang selalu ada dalam posisi lurus. Untuk memperbaiki postur tubuh bungkuk, peregangan yang dilakukan adalah peregangan otot dada agar otot dada tidak menjadi kaku.

7. Berbaris Lurus

Untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk, gerakan berbaring lurus yang dilakukan 8 sampai 10 kali setiap harinya sangat diperlukan. Untuk melakukannya, pastikan seluruh badan ada dalam posisi lurus di lantai dengan posisi tangan kanan dan kaki kiri ada disebelah badan. Tekan otot pantat secara perlahan dan angkat dada ke atas secara perlahan dan tidak dipaksakan.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki postur tubuh bungkuk yang dapat dilakukan setiap hari dengan mudah hingga lengkungan tubuh hilang. Tentunya postur tubuh bungkuk dengan posisi tulang belakang melengkung ke depan dapat merusak bentuk dan sangat mengganggu penampilan. Dengan membiasakan diri menggunakan posisi tubuh yang benar saat sedang melakukan aktivitas, maka tulang punggung akan bisa kembali lurus.